Header Ads

test

Wow, Google Translate Sekarang Mendukung Bahasa Jawa

Google Translate, Translate Bahasa Jawa
Google baru saja nemanbahkan lima bahasa baru pada situs layanan penerjemah bahasanya atau yang biasa disebut dengan Google Translate. Siapa sangka, dari kelima bahasa tersebut terdapat bahasa Jawa. Akhir - akhir ini Google translate memang terus dikembangkan.

Selain bahasa Jawa, ke empat bahasa lainnya adalah bahasa Hmong, Marathi, Bosnia dan bahasa Cebuano. Penambahan ke lima bahasa ini dikarenakan sudah lebih dari 183 juta orang menggunakan ke lima bahasa ini. Namun bahasa Jawa sendiri masih berstatus Alpha, yang berarti masih dalam tahap pengembangan.

Google Translate, Translate Bahasa Jawa

"Kami akan terus meningkatkan akurasi bahasa - bahasa ini" jelas Program Manager Google Translate Steva Kelman (Tekno Kompas).

Di situs resminya, pihak Google mengatakan bahwa bahasa Jawa adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah bahasa Indonesia tentunya, tercatat ada 83 juta orang menggunakan bahasa ini. Bahasa baru lainnya juga masih tahap Alpha kecuali bahasa Bosnia. Jadi  wajar jika masih banyak ketidak akuratan saat menerjemahkan.

Steva pun sangat antusia dengan pencapaian Google translate yang suadh mencapai 70 bahasa, "Kami sangat antusias karena sudah mencapai lebih dari 70 bahasa, dan kami akan terus menambah lebih banyak bahasa lagi" ujar Steva.
Diberdayakan oleh Blogger.